Langsung ke konten utama

FAKTA BUMI DIBANDINGKAN DENGAN PLANET LAIN



BUMI ITU UNIK

-Bumi adalah planet bagian dalam terbesar dengan diameter 3.963 mil, diikuti oleh Venus dengan diameter 3.760 mil. Ketiga adalah Mars dengan diameter 2.110 mil, dan Merkurius keempat dengan diameter 1.516 mil.
Bumi adalah planet terpadat, dengan Merkurius berada di tempat kedua.
Rotasi bumi secara bertahap melambat.

-Bumi memiliki medan magnet yang kuat. Fenomena ini disebabkan oleh inti besi-nikel planet ini, ditambah dengan perputarannya yang cepat. Bidang ini melindungi Bumi dari efek angin matahari.


-Bumi adalah rapuh. Permukaannya dibagi menjadi lempeng (lempeng tektonik) yang mengapung di atas mantel berbatu – lapisan antara permukaan bumi, kerak, serta inti cair yang panas. Bagian dalam Bumi aktif gempa bumi, gunung berapi dan banguna gunung terjadi di sepanjang batas-batas lempeng tektonik. Sebagai hasil dari aktivitas geologi bumi (gunung berapi dan gempa bumi), permukaan bumi memiliki kawah jauh lebih sedikit daripada permukaan planet lain seperti Mars, Venus dan Merkurius atau permukaan Bulan. Kawah telah tenggelam ke bawah atau telah hilang oleh angin dan hujan selama jutaan tahun. Bila dilihat dari luar angkasa banyak permukaan bumi tidak dapat dilihat karena awan uap air. Uap air membuat Bumi, jika dilihat dari luar, menjadi bola bersinar cemerlang, seperti yang Anda lihat pada gambar berikut.
-Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan berada di antara planet Venus dan planet Mars. Bumi membutuhkan waktu 365¼ hari untuk menyelesaikan satu kali putaran Matahari pada orbitnya. Tahun bumi karena itu 365 hari yang panjang tapi ¼ hari ditambahkan dan setiap tahun keempat memiliki satu hari kabisat, pada tanggal 29 Februari. Tahun keempat bumi disebut tahun kabisat (366 hari) dan selalu satu tahun yang dapat dibagi dengan tepat oleh 4 yakni 2000 2004, 2008, 2012, 2016.
-Bumi berbeda dari semua planet lain karena memiliki keanekaragaman kehidupan dan makhluk cerdas. Bumi hanya mungkin karena atmosfer bumi yang telah melindungi Bumi dan memungkinkan kehidupan untuk berkembang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT GEOGRAFI UNTUK MANUSIA

APA MANFAAT GEOFRAFI UNTUK MANUSIA? Berkaitan Dengan Bidang Atmosfer Adanya prakiraan cuaca yang dapat membantu kegiatan pertanian dan perikanan. Pemanfaatan lapisan udara untuk gelombang radio. Pemanfaatan kilatan petir untuk sebagai sumber daya energi listrik. Berkaitan Dengan Bidang Hidrosfer Pemanfaatan kawasan berair seperti sungai, laut, dan danau untuk pembangkit listrik. Pemanfaatan air tanah untuk kebutuhan memasak, mencuci, atau minum. Pemanfaatan gelombang atau ombak di pantai untuk olahraga selancar. Berkaitan Dengan Bidang Biosfer Padang rumput yang dimanfaatkan sebagai area peternakan. Kawasan pantai yang dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dapat menjadi sumber pencaharian bagi masyarakat sekitar. Pegunungan salju yang dijadikan sebagai pusat olahraga ski Berkaitan Dengan Bidang Antroposfer Sensus penduduk sebagai data untuk perencanaan pembangunan. Pemanfaatan kawasan sungai, danau, dan pantai sebagai sarana mata pencaharian. Membantu me

BUMI DAN PEMBETUKAN BUMI

PEGERTIAN BUMI Bumi adalah planet tempat yang tinggal oleh seluruh makhluk hidup beserta isinya. sehinggah kiira-kira 250 juta tahun yang lalu sebagian besar kerak benua di Bumi merupakan satu massa daratan yang dikenal sebagai Pangea. Kemudian, kira-kira dua ratus juta tahun yang lalu Pangea terpecah menjadi dua benua besar yaitu Laurasia, yang sekarang terdiri dari Amerika Utara, Eropa, sebagian Asia Tengah dan Asia Timur; dan Gondwana yang terdiri dari Amerika Selatan, Afrika India, Australia dan bagian Asia lainnya. Bagian-bagian tersebut dan dua benua besar ini kemudian terpecah-pecah, hanyut dan bertubrukan dengan bagian lain. Menurut teori yang relatif baru, ketidakstabilan cakram, rumpun debu dan gas terikat bersama di awal kehidupan tata surya. Seiring waktu, rumpun ini perlahan-lahan memadat menjadi planet raksasa. Planet-planet ini dapat terbentuk lebih cepat daripada saingan akresi inti mereka, kadang-kadang hanya dalam waktu seribu tahun, memungkinkan mereka untuk